Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

tips@iainmadura.ac.id

FGD Pendampingan Review Kurikulum OBE: Upaya Tadris IPS menuju Prodi yang unggul dan upaya memperoleh akreditasi Internasional

  • Diposting Oleh Genesis_web
  • Jumat, 24 November 2023
  • Bagikan ke

Prodi Tadris IPS mengikuti Focus Group Discusion (FGD) dalam rangka Pendampingan Review Kurikulum OBE. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 23-24 November 2023 di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan dengan prodi-prodi yang ada di IAIN Madura. Kegiatan tersebut menghadirkan pakar kurikulum dari UIN Maulana Malik Ibrahim Dr. Meinarni Susilowati, M. Ed. Dalam kegiatan tersebut dibekali beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri mulai dari Pengenalan Prinsip dan Framework Kurikulum OBE, Identifikasi CPL Kurikulum Prodi Persepektif OBE, Identifikasi Tujuan Program Studi (Program Educational Objective: PEO) Perspektif OBE, Identifikasi Bahan Kajian Sesuai PEO dan CPL Persepektif OBE, Identifikasi CPMK Sesuai BK, PEO dan CPL Persepektif OBE, Identifikasi RPS dalam Kerangka Constructive Alignment Persektif OBE, Identifikasi Model Pembelajaran Sesuai Jenis Matakuliah dalam Constructive Alignment, Perancangan Kegiatan Pembelajaran Mengacu pada Kurikulum OBE, Perancangan Assesment dan Evaluation pada Kurikulum Berbasis OBE, Perancangan Student Assesment pada Kurikulum Berbasis OBE. Kegiatan ini difasilitasi oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM IAIN Madura).

Pada kegiatan ini  Prodi Tadris IPS langsung melakukan review kurikulum 2023 untuk disesuaikan dengan OBE dengan harapan bisa dijadikan sebagai landasan mutu pendidikan dan pembelajaran Tadris IPS menuju lebih baik dan unggul, selain itu kurikulum OBE ini juga dijadikan syarat mendapatkan akreditasi internasional.