Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

tips@iainmadura.ac.id

Kunjungi BPBD Blitar, Mahasiswa TIPS Menimba Ilmu Kebencanaan dan Mitigasi Bencana

  • Diposting Oleh Genesis_web
  • Kamis, 30 November 2023
  • Bagikan ke

Blitar (19/10/2023)-Mahasiswa Tadris IPS melaksanakan kunjungan dalam rangka Perkuliahan Luar Kelas (PLK) ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar. Kegiatan ini merupakan akhir dari kunjungan PLK 2023. Meskipun destinasi terakhir mahasiswa sangat antusias dan semangat.

BPBD kabupaten Blitar ini terletak di jalan Bromo Nomor 3, Gurit, Berbadan, Kecamatan wingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Mahasiswa tiba disana pukul 13.30 WIB serta disambut hangat oleh jajaran Pimpinan dari BPBD serta dipersilahkan untuk menuju ruang pertemuan. 

Kunjungan ini di lakukan untuk menambah wawasan mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Madura terkait kebencanaan dan mitigasi bencana. Destinasi ini dipilih   karena Blitar dikenal sebagai kawasan yang memiliki beragam ancaman bencana mulai dari tanah longsor, banjir, gempa bumi, erupsi gunung Kelud, dan lain sebagainya. Bapak Jamhari selaku pemateri menjelaskan, "secara rinci langkah-langkah mitigasi bencana yang benar. Dengan wawasan tersebut kami dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan pra-bencana, ketika becana, dan pasca-becana". 

Hamdan Shofiyullah selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa Tadris IPS guna memberikan wawasan kebencanaan dan bisa menjadi relawan dalam misi kemanusiaan.

Kegiatan ini berakhir pukul 15.00 ditutup dengan foto bersama dan ucapan terima kasih. Para mahasiswa langsung bergegas pulang ke pamekasan dengan bergembira dan siap menjadi relawan kebencanaan.(so/ar)