Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

tips@iainmadura.ac.id

Gelar Diseminasi PLK 2023, Seluruh Mahasiswa TIPS Antusias

  • Diposting Oleh Genesis_web
  • Jumat, 1 Desember 2023
  • Bagikan ke

Mahasiswa Tadris IPS IAIN Madura melaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil PLK (Perkuliahan Luar Kelas) pada hari Kamis, tanggal 30 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di aula perpustakaan IAIN Madura lantai 3. 

Kegiatan perkuliahan luar kelas ini merupakan agenda tahunan Prodi Tadris IPS yang sudah dilaksanakan selama 2 tahun berturut-turut. Dalam kegiatan ini mahasiswa Tadris IPS angkatan 2022 melaksanakan kegiatan perkuliahan luar kelas di Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Destinasi yang dikunjungi yaitu UIN SATU Tulungagung, Pantai Gemah Tulungagung, Candi dan Museum Penataran, Makam dan Pasar Soekarno, dan yang terakhir BPBD Kabupaten Blitar.

Kegiatan Diseminasi PLK ini dihadiri oleh dekan Fakultas tarbiyah Prof Dr. Siswanto M.Pd.I serta Wadek III fakultas tarbiyah Dr. Fathol Haliq M.Psi. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kaprodi Tadris IPS IAIN Madura bapak Dr. A. Fatikhul Amin Abdullah M.Pd serta seluruh jajaran dosen Tadris IPS. Peserta kegiatan ini yaitu mahasiswa Tadris IPS mulai dari angkatan 2021 hingga angkatan 2023.

Dekan fakultas tarbiyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai sarana pengembangan Prodi dan juga kegiatan ini dapat membantu proses akreditasi Prodi menjadi lebih baik kedepannya. Dekan fakultas tarbiyah juga menyampaikan bahwa mahasiswa Tadris ilmu pengetahuan sosial sudah sepatutnya untuk lebih berkecimpung di lingkungan sosial, artinya proses pembelajaran tidak harus selalu di ruang kelas atau di lingkungan kampus saja. Oleh karena itu kegiatan PLK ini sangat sesuai dengan identitas Prodi Tadris IPS.

Kaprodi Tadris IPS dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap para hadirin dan tamu undangan yang sudah berkenaan hadir dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa selama kegiatan PLK  mahasiswa mendapatkan banyak sekali pengalaman-pengalaman berharga yang mungkin tidak akan didapatkan jika kegiatan PLK ini tidak dilaksanakan. Hal paling berkesan selama kegiatan PLK menurut Kaprodi adalah ketika kegiatan studi wawasan di UIN SATU Tulungagung yang disambut oleh para Duta Tadris IPS di sana. Sehingga Kaprodi menginginkan agar di Tadris IPS ini juga ada Duta sosial sebagai ikon dari mahasiswa Tadris IPS.

Ketua panitia dalam acara ini yaitu saudara Hamdan Shofiyullah mahasiswa Tadris IPS angkatan 2022 dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua komponen yang terlibat, terkhusus bapak ibu dosen Tadris IPS yang memberikan bimbingan mulai dari persiapan kegiatan PLK hingga kegiatan Diseminasi Hasil PLK. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kegiatan PLK mahasiswa Tadris IPS angkatan 2022 yang dilaksanakan di kabupaten Blitar dan Tulungagung pada tanggal 18-19 Oktober 2023 kemarin. Dalam kegiatan ini mahasiswa Tadris IPS yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok kajian sejarah, kajian ekonomi, kajian geografi, kajian sosiologi, dan studi wawasan UIN SATU Tulungagung memaparkan hasil temuan selama kegiatan PLK berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada para peserta kegiatan Diseminasi Hasil PLK terkait hal-hal apa saja yang didapatkan selama kegiatan PLK berlangsung. (ys)